Android Kuasai 72% Pasar Smartphone

0 komentar

Android kuasai pasar smartphone

Liputan6.com, Jakarta: Dari beberapa sistem operasi mobile populer, Android yang paling banyak menguasai pasar. Hampir 3 dari 4 smartphone yang terjual secara global tercatat menggunakan sistem operasi Google Android.

Android menyumbang 72,4% dari pangsa pasar sistem operasi smartphone pada kuartal tiga, meningkat dari 52,5% pada periode yang sama tahun sebelumnya. Sebagian besar dari pangsa pasar itu berasal dari Samsung yang sebagian smartphonenya menggunakan sistem operasi Android. Samsung tercatat telah menjual sebanyak 55 juta smartphone.

Sementara itu, perangkat-perangkat besutan Apple yang menggunakan sistem operasi iOS, dilaporkan telah terjual lebih dari 23,5 juta unit pada periode yang sama. Tahun lalu jumlahnya 17,3 juta. Dari sisi pangsa pasar, iOS mengalami penurunan dari 15% pada tahun 2011 menjadi 13,9% pada tahun ini.

Menurut analisa Gartner Inc., kemungkinan ini terjadi karena user menunda membeli ponsel baru sampai iPhone 5 tiba di negara mereka. Perusahaan riset itu juga memperkirakan pangsa pasar Apple akan naik pada kuartal keempat seiring iPhone 5 masuk ke toko-toko di berbagai negara.

Di lain sisi sistem operasi Windows Phone mengalami hal yang sama dengan iOS. Banyak user diduga menunda membeli smartphone bersistem operasi Windows Phone 7 karena menunggu-nunggu perangkat terbaru berbasis Windows Phone 8.

Gartner memprediksi penjualan ponsel akan menurun dari biasanya pada musim liburan tahun ini. "Tampaknya konsumen mulai berhati-hati belanja atau mencari gadget baru seperti tablet untuk hadiah karena lebih menarik," kata Gartner dalam laporannya yang dikutip dari LA Times, Kamis (15/11/2012). (dew)
Share this article :
b 0 Komentar
fb Komentar

Posting Komentar

Note: Berkomentarlah dengan bijak agar waktu kita tidak menjadi sia-sia