Perbedaan Android Biasa dengan Android Nokia X

0 komentar


Pada Mobile World Congress 2014 hari ini Nokia merilis ponsel keluarga Nokia X yang bersistem operasi Android. Nokia X tersebut memang bersistem operasi Android namun berbeda dengan Andorid pada umumnya karena Nokia X tidak menggunakan layanan dari Google. Jadi apa saja bedanya Nokia X dengan Android biasa?

Berikut Perbedaan yang ada antara Android di Nokia X dengan Android biasa:

Layanan Nokia X Android Biasa
Toko AplikasiNokia StoreGoogle Play
EmailMicrosoft OutlookGmail
Penyimpanan AwanOneDriveGoogle Drive
Toko LaguMix RadioGoogle Music
PercakapanSkypeGoogle Hangout
PetaHERE MapsGoogle Maps
Sistem OperasiNokia X Software Platform 1.0Android x.x

Terlihat pada tabel perbandingan di atas, Nokia X menggantikan semua layanan Google yang biasanya ada pada ponsel Android lain. Layanan dari Google digantikan dengan layanan yang dimiliki oleh Nokia dan Microsoft. Selain itu penamaan pada sistem operasi ini menggunakan kode Nokia bukan kode Android pada umumnya.

Bagi pengembang aplikasi Android yang menggunakan layanan dari Google seperti Google Maps atau Google Drive maka mereka harus mengubah penggunaan layanannya ke layanan yang ada di Nokia X agar aplikasi Android-nya dapat berjalan dengan sempurna di ponsel keluarga Nokia X.

Perbedaan Android Biasa dengan Android Nokia X

Nokia X ini hanya memiliki tombol back untuk navigasi utamanya yang berbeda dengan ponsel Android lainnya yang memiliki 3 tombol navigasi utama seperti back, menu, dan home. Tombol back yang terdapat pada Nokia X ini berfungsi layaknya tombol back di Android namun tombol ini dapat ditahan agak lama untuk langsung kembali ke home screen.

Untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang telah dibuka pada Nokia X cukup mengusapkan jari di layar ke kanan atau kiri untuk memunculkan daftar aplikasi yang sudah dibuka. Hal ini cukup berbeda dibandingkan ponsel Android pada umumnya yang cukup memencet satu tombol untuk mengakses aplikasi-aplikasi terbaru.

sumber: http://teknojurnal.com/bedanya-android-dengan-nokia-x/
Share this article :
b 0 Komentar
fb Komentar

Posting Komentar

Note: Berkomentarlah dengan bijak agar waktu kita tidak menjadi sia-sia