Kerja Otak Melambat Saat Bertemu Orang Menyebalkan

0 komentar


Merasa sebal kepada orang lain mungkin hal biasa bagi Anda. Namun tahukan Anda bahwa hal itu ternyata berpengaruh terhadap kerja otak Anda? Penelitian membuktikan berada di sekitar orang yang menyebalkan dapat memperlambat kerja otak.

Penelitian tim dari University of Southern California menunjukkan bahwa perasaan yang Anda miliki kepada orang lain akan berdampak pada proses kerja otak. Saat melihat orang lain bersikap, akan muncul efek "mirroring". Efek ini membuat bagian otak yang bertanggung jawab atas motorik Anda diaktifkan. Saat berada di sekitar orang yang tidak Anda sukai, proses tersebut bisa jadi salah dan lambat. Hal inilah yang menyebabkan Anda jadi salah tingkah dan justru memicu konflik.

Peneliti melakukan eksperimen dengan membagi partisipan menjadi dua kelompok, kelompok menyebalkan dan kelompok yang berpikiran lebih terbuka serta menyenangkan. Ketika salah seorang partisipan diminta berinteraksi pada kedua kelompok tersebut, efek mirroring menunjukkan pola yang berbeda.

"Bahkan sesuatu yang mendasar seperti bagaimana kita memproses rangsangan visual gerakan dimodulasi oleh faktor sosial, seperti hubungan interpersonal dan keanggotaan kelompok sosial," ungkap Mona Sobhani, salah seorang peneliti.

Hasil penelitian ini dianggap dapat menjadi dukungan penting bahwa faktor sosial memang sangat mempengaruhi proses persepsi seseorang. Jadi, jika Anda bertemu dengan seseorang yang tidak Anda sukai, jauh lebih baik untuk segera menyelesaikan masalah atau menghindar sementara waktu.

sumber: http://www.jawaban.com/index.php/health/detail/id/69/news/121014021530/limit/0/Kerja-Otak-Melambat-Saat-Bertemu-Orang-Menyebalkan
Share this article :
b 0 Komentar
fb Komentar

Posting Komentar

Note: Berkomentarlah dengan bijak agar waktu kita tidak menjadi sia-sia

 
Supported by : Bamz3r Blogs | BeritaSepakBolaDunia88.blogspot.com
Copyright © 2012. Seribu Data Paling dicari ( https://blog.seribudata.com/ ) - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Diberdayakan oleh Blogger.