Cara Merawat Harddisk Komputer

0 komentar

Cara Merawat Harddisk Komputer (banner)
Harddisk merupakan komponen penting di dalam sebuah komputer, tanpa harddisk sebuah komputer tidak akan bisa beroperasi sama sekali. Oleh karena itu kita harus rajin merawat harddisk kita selain dengan membersihkan debu dan kotoran yang tertinggal pada harddisk, kita juga harus sering merawat dari bagian software atau sistem harddisk itu sendiri. Tentunya dengan bantuan software khusus untuk melakukannnya. Banyak sekali software yang bisa kita andalkan untuk hal ini, tapi alangkah baiknya kita memakai software bawaan OS yang kita pasang di harddisk kita. dalam contoh saya memakai Windows™ XP, yang mempunyai software yang bernama "disk defragmenter".

Kita hanya perlu membuka applikasi ini pada menu Start -> All Program -> Pilih Accessories -> System Tools -> Disk Defragmenter. Lalu pilih drive yang ingin diproses lalu tekan "Analyze". lalu lihat grafik yang muncul, jika terdapat banyak warna merah berarti anda wajib melakukan defragment.klik pada tombol "Defragment" untuk langsung melakukan defrag pada drive atau partisi yang anda pilih tadi. tunggu beberapa saat selama proses defrag dendang berlangsung, ini mungkin akan memakan waktu yang cukup lama tergantung dari besarnya data yang ada pada suatu partisi.

Jika sudah selesai lanjutkan dengan drive atau partisi yang lainnya. Lakukan hal ini secara rutin setiap seminggu atau sebulan sekali tergantung pemakaian komputer anda, jika anda memakai komputer itu setiap hari, maka anda wajib mengeceknya dalam waktu minimal seminggu sekali utnuk menjaga kondisi dan performa dari Harddisk anda. Jangan merasa malas ataupun bosan melakukan nhal ini karena ini merupakan hal yang bisa menjaga agar jharddisk anda terhindar dari error ataupun akses yang lambat.

Perlu anda ketahui bahwa jika sebuah harddisk sudah terlalu lama tidakj di Defrag, maka lambat laun pasti akan rusak. Sekalipun tidak rusak, efeknya akan terasa saat kita mengakses file ataupun mengeksekusi program akan menjadi lebih lambat. Jadi seering-sering lah melakukan defrag pada haeddisk anda sebelum terlambat karena jika sudah terlambat mungkin anda bisa kehilangan harddisk dan semua isinya untuk selamanya.

Ayo... pilih mana? Rajin rawat harddisk atau Harddisk Mati? itu semua terserah pada pilihan anda.
Share this article :
b 0 Komentar
fb Komentar

Posting Komentar

Note: Berkomentarlah dengan bijak agar waktu kita tidak menjadi sia-sia